Selasa, 29 Maret 2011

Tips Mencuci Baju

1. Tips-tips mencuci baju agar tidak cepat rusak

- Untuk pakaian yang baru beli sebaiknya dalam mencuci kita cuci sendiri dan tidak di gabung dengan pakaian lain dan tidak di mesin cuci. Jika pencucian pertama dan kedua tidak ada masalah kita boleh menggabungkannya dengan pakaian lain untuk pencucian selanjutnya.

- Pilah-pilih pakaian sebelum mencuci berdasarkan kekotorannya. Jangan menggabung pakaian yang habis pakai untuk bermain lumpur atau kain pel dengan baju-baju yang di pakai sehari-hari.

- Jangan rendam kaos, celana, baju, dan lain-lain yang di sablon terlalu lama lebih dari satu jam di dalam larutan deterjen agar tidak rusak.

- Pada saat mencuci gunakan perasaan dan jangan emosi. Hati-hati pada saat menyikat pakaian, memeras pakaian, mengucek pakaian, membanting pakaian dan lain-lain, jangan terlalu keras agar baju tidak cepat rusak dan melar.

- Biasanya pada laber pakaian yang terdapat di leher dan pinggang terdapat pesan-pesan cara mencuci, menyetrika dengan baik dari pabrik-pabrik. Maka pelajari bahan-bahan pakaian dan cara mencucinya agar tidak salah metode/teknik mencuci.

- Pakaian jenis tertentu dengan bahan khusus sebaiknya cucilah di tempat, cuci laundry profesional agar pakaian kita bisa awet selalu.

- Pada bilasan terakhir kita bisa menggunakan cairan pelembut dan pewangi pakaian Auto atau B. Light untuk hasil pencucian yang terbaik.

- Jika ada baju yang terkena noda makanan atau noda kimia lainnya sebaiknya lekas dibersihkan agar lebih mudah dihilangkan kotorannya.

- Hati-hati dengan pembersih noda/bleaching karena bisa mengubah warna pakaian anda menjadi belang.

- Pisahkan kaos warna putih dengan warna lain.

- Hindari penggunaan pemutih.

2. Tips menjemur pakaian

- Untuk bahan seperti kaos yang bisa melar sebaiknya pada saat di jemur jangan digantung dengan hanger agar kerah atau bagaian leher tidak melar.

- Pakaian yang ada sablonan seperti kaos sebaiknya di jemur setelah baju dibalik. Jadi yang terkena matahari secara langsung adalah baju bagian dalam agar warna baju tidak cepat pudar, kusam.

- Dalam menjemur pakaian sebaiknya menggunakan penjepit baju, agar baju tidak beterbangan tertiup angin, kencang.

3. Tips menyetrika pakaian

- Gunakan cairan pelicin pakaian agar hasil setrikaan lebih bagus, tidak kusut dan harum baunya.

- Setrikalah baju anda sesuai dengan aturan yang tertera pada label pesan perlakuan pakaian.

- Menyetrika pakaian sebaiknya ketika pakaian sudah benar-benar kering, agar pakaian lebih awet tidak rapuh.

4. Tips menyimpan pakaian

- Simpanlah baju anda pada tempat yang kering, bersih, tidak berdebu dan tertutup rapat.

- Sebelum menyimpan pakaian di almari pastikan terlebih dahulu tingkat kekeringan pakaian tersebut. Pastikan telah kering benar agar tidak menimbulkan bau tak sedap.

- Jangan menyimpan pakaian di tempat yang penuh agar mudah di ambil jika diperlukan dan tidak membuat pakaian menjadi kusut.

- Baju anda bisa di gantung di hanger agar baju rapi tanpa bekas lipatan.

- Gunakan kamper dan alat penghilang kelembaban air untuk menjaga pakaian anda tetap terjaga dalam kondisi yang prima dan baik serta menghadang serangga perusak pakaian kita.

Cara merawat peralatan dapur dari kayu

- Cara membersihkan talenan kayu dari sisa potongan daging atau ikan, oleskan beberapa tetes minyak pada permukaannya lalu gosok dengan spons biasa. Setelah itu cuci dengan sabun dan bilas sampai bersih.

- Cara membersihkan sendok dan spatula kayu dari sisa makanan yang menempel yaitu rendam sendok atau spatula kayu ke dalam air yang telah di beri cuka selama satu malam. Setelah itu cuci dengan air bersih lalu tiriskan sampai kering.

- Untuk mempertahankan ketajaman pisau sebaiknya gunakan talenan kayu untuk memotong bahan makanan. Hindari pemakaian talenan plastik, karena potongan plastiknya bisa terbawa makanan yang di potong.

- Agar jari-jari pisau pada alat penggiling seperti mixer atau belender sebaiknya anda menggiling beberapa jumput garam beberapa kali tiap bulan agar pisau tetap terasah tajam.

Tips menghilangkan bau amis pada udang yaitu dengan cara merebusnya dan dicampur dengan daun seledri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar